Universitas Udayana (Unud) siap menyambut 1614 ilmuwan muda dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XXXII Tahun 2019. Ajang bergengsi tingkat nasional ini akan diselenggarakan pada 27-31 Agustus 2019 di Universitas Udayana, Kampus Unud Bukit Jimbaran. Hal ini disampikan dalam Konferensi Pers PIMNAS ke-32 di Gedung Rektorat Unud Kampus Bukit Jimbaran, Senin (5/8/2019) yang dihadiri oleh Sesjen Kemenristekdikti, Dirjen Belmawa, Rektor Unud dan Panitia Pimnas.

1614 mahasiswa yang menjadi peserta berasal dari 126 perguruan tinggi seluruh Indonesia di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenrsitekdikti), terdiri dari 70 perguruan tinggi negeri, dan 56 perguruan tinggi swasta. Mereka akan mempresentasikan 460 judul karya ilmiah dan dinilai oleh 71 orang juri.

Tema PIMNAS ke-32, yakni “Mewujudkan mahasiswa Indonesia yang kreatif, inovatif, unggul, dan mandiri berlandaskan budaya nasional dalam bingkai kebhinekaan”.

Maskot PIMNAS ke-32 bernama “Garuda Unggul”. Maskot ini bermakna manusia Indonesia yang unggul. Garuda Unggul tersebut terdiri dari beberapa bagian yang menyimbolkan arti tertentu. Topi toga melambangkan perguruan tinggi sebagai ruang lahirnya inovasi, 32 helai sayap menyimbolkan PIMNAS sudah terbang mengepakkan sayapnya sampai tahun ke 32, kemben (saput poleng) yang memiliki makna keharmonisan dan keberagaman, kaki dan kuku tajam melambangkan pondasi yang kokoh, kemandirian dan tenaga ketajaman dalam bertindak dan berkarya, kaca mata melambangkan penelitian, jari yang mengacung ke atas melambangkan doa dan kebijaksanaan dalam berkarya, serta paruh garuda yang melambangkan keuletan dan kekuatan dalam berkarya. Diharapkan, seluruh peserta PIMNAS 32 dapat menyerap spirit PIMNAS ini.

Maskot tersebut diluncurkan bersama-sama oleh Sekretaris Jenderal Kemenristekdikti, Ainun Na’im, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ismunandar, serta Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) di Gedung Rektorat Unud, Bali, pada Senin (5/8/2019).

Sesjen Kemenristekdikti Prof. Ainun Na'im mengucapkan selamat kepada Unud sebagai tuan rumah PIMNAS ke-32 yang merupakan ajang kompetisi dalam pengembangan IPTEK, karya ilmiah dan kreativitas lainnya dari mahasiswa. Pimnas ini juga berdampak positif bagi Unud dalam rangka menguatkan reputasi dan memperkenalkan Unud pada semua peserta Pimnas.

Rektor Unud Prof. A.A Raka Sudewi menyampaikan bahwa Unud sebagai tuan rumah telah mempersiapkan segala kebutuhan dengan maksimal mulai dari infrastruktur IT, ruang kelas presentasi, ruang lomba poster dan gelar produk PKM, akomodasi, penginapan, konsumsi, transportasi, serta hal lainnya yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan. Unud pun siap memfasilitasi para peserta dengan disabilitas. Pembukaan akan digelar di areal GWK dan penutupan serta pengumuman juara akan digelar di Taman Budaya Art Center Denpasar.

Share This Post: